Cara Memasang Menu Related Post by Label (Postingan Terkait dengan Label/Kategori) di Blogger Beta (Blogger Baru) XML


Setiap blogger selalu menginginkan blognya tampil lengkap dengan aksesori yang dibutuhkan oleh pengunjung atau widget-widget untuk kepentingan blogger itu sendiri. Pada prinsipnya, semua aksesori berupa widget tersebut, lebih dimaksudkan agar blog tampil keren dan “enak” dilihat mata. Setuju nggak?
Hanya saja, perkembangan dunia internet, termasuk per-blogger-an (blogosphere) saat ini terus melejit bahkan hingga sampai pada level : blog hampir tak bisa dibedakan dengan website lagi! Suatu evolusi teknologi informasi yang memang selalu berada beberapa puluh langkah di depan revolusi “moralitas” kita, hehe…
Postingan saya kali ini adalah tentang bagaimana memasang menu “Postingan Terkait dengan Label”, atau bahasa Inggrisnya “Related Post by Label”. Awalnya sih si Blogger Hack yang terkenal itu (Hectro) yang membuat widget ini, kemudian dimodifikasi lagi menjadi lebih sederhana oleh banyak orang, termasuk yang akan saya tampilkan di sini.
Widget “Postingan Terkait dengan Label” atau “Related Post by Label” ini memang cukup membantu para blogger meningkatkan jumlah Page View (tampilan halaman) dari blognya, karena pengunjung blog yang mendapatkan sebuah postingan dengan tema tertentu, selalu ingin informasi lebih banyak. Jika pada bagian bawah setiap postingan tersedia layanan “Related Post” atau “Postingan Terkait”, maka kemungkinan besar orang akan mengunjungi link postingan tersebut. Bagaimana cara memasang widget “Related Post” atau “Postingan Terkait” tersebut di Blogger Beta XML?

Berikut ini adalah tutorial singkatnya :
1. Buka account Blogger Beta Anda, lalu klik “TEMPLATE”, selanjutnya klik “EDIT HTML”
2. Klik “Expand Widget“.
3. Jangan lupa untuk menyimpan template Anda di Komputer atau File lain dengan meng-klik “Download Full Template“. Ini adalah prosedur standar (gold procedure) setiap kali Anda akan melakukan perubahan pada template Blogger Beta. Sewaktuwaktu, jika proses editing Template Blogger Beta Anda bermasalah, maka Anda masih bisa kembali ke Template Anda sebelumnya.
4. Cari kode <data:post.body/>
5. Copy + Paste kode Java Script ini dan letakkan setelah kode <data:post.body/> di atas.
6. Pekerjaan selesai!
Saya tunggu komentar Anda…


Kategori Tips Ngeblog :: ,83 Komentar

Populer Bulan Ini