Cara Menghilangkan NavBar (Navigation Bar) di Blogger Beta


Jika sering melakukan blogwalking, Anda akan menjumpai beberapa perbedaan antara satu blog dengan blog lainnya. Diantaranya adalah ada tidaknya NavBar (Navigation Bar) pada blog tersebut. Apa itu Navigation Bar?
Navbar adalah fasilitas standar yang dimiliki oleh Blogger.com yang terletak di bagian paling atas dari blog yang antara lain berfungsi untuk mulai melakukan Sign In atau “jalan-jalan” dengan navigasi dari Blogger yang tertulis di NavBar tersebut.
Pada bagian Navigasi ini juga terdapat fasilitas untuk mendapatkan akses melaporkan kecurangan atau tindak kejahatan weblog yang dilakukan oleh seorang blogger, misalnya kontent blognya yang melanggar TOS Blogger.Com atau hal lain yang dapat dianggap merugikan dunia internet.
Kalau ditanya seberapa penting ada tidaknya NavBar, maka jawabannya agak sulit dipastikan. Karena ada beberapa blogger yang merasa akan lebih enak dan bersih melihat tampilan blognya tanpa harus ada bagian mencolok di bagian atas blognya sendiri (NavBar). Karena itu, kadang para blogger menghapus NavBar tersebut.

Apa tidak melanggar Term of Service (TOS) dari Blogger.com?
Sejauh ini, banyak blogger yang telah menghilangkan Navbar mereka dan tidak juga mendapat teguran dari blogger. Artinya, bisa dilakukan. Toh di TOS Blogger sendiri juga tidak ada aturan yang cukup detail tentang hal ini.

Nah, bagaimana menghilangkan Navigation Bar?
Ada beberapa penyedia template (beta dan classic) yang memang sudah meyediakan template yang sudah tidak ber-navbar. Postingan kali ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki template Beta tapi masih ada Navbarnya.

Langkah Penting :
Langkah 1 : Login ke Account Blogger.com
Langkah 2 : Di Dashboard Anda, Klik menu “LayOut”, ini selanjutnya akan menuju pada menu Template. Nah, akan kelihatan kemudian kode-kode HTML template Beta Anda. Pada bagian atas template akan kelihatan kode CSS-nya

Perhatikan bagian-bagian di bawah ini :

<b:skin><![CDATA[/*
-----------------------------------------------
Blogger Template Style
Name: Rounders
Designer: Douglas Bowman
URL: www.stopdesign.com
Date: 27 Feb 2004
Updated by: Blogger Team
----------------------------------------------- */
#navbar-iframe {
display: none !important;
}
/* Variable definitions
====================
<Variable name="mainBgColor" description="Main Background Color"
type="color" default="#fff" value="#ffffff">
<Variable name="mainTextColor" description="Text Color" type="color"
default="#333" value="#333333">
...

Bagian berwarna Hijau di antara bagian di atas adalah yang harus Anda Copy+Paste ke dalam template Anda hingga menjadi seperti urutan CSS di atas. Selamat mencoba.

Kategori Tips Ngeblog :: ,7 Komentar

Populer Bulan Ini