Cara Mengatasi Rasa Stress Saat Hamil

Stress Saat Hamil Stress bukanlah satu hal yang didambakan oleh setiap orang namun rasa stress menjadi makanan sehari-hari bagi mereka yang senantiasa bekerja di bawah tekanan.

Rasa stress bisa datang pada siapa saja termasuk juga bagi para wanita yang sedang hamil.

Ketika seorang wanita hamil stress, maka ia akan memiliki potensi yang membahayakan bayi yang sedang dikandungnya. Wanita hamil bisa saja keguguran karena stress yang ia rasa.

Karena itulah, menjaga kondisi emosional wanita hamil menjadi salah satu hal yang peting dan tidak boleh dilupakan.

Wanita hamil harus menghindari rasa stress. Hanya saja perlu diakui bahwa perubahan dan gangguan pada trimester pertama dan kedua kehamilan, memang selalu menyebabkan rasa stress pada ibu hamil.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi stress saat hamil yang tentunya akan berguna bagi para wanita hamil.

Bersantai dengan Keluarga

Meluangkan waktu untuk bersantai dan bercengkrama bersama anggota keluarga adalah salah satu cara mengurangi stress saat hamil. Bepergian ke suatu tempat yang kiranya bisa menyegarkan pikiran juga akan sangat baik.

Kurangilah kegiatan yang sekiranya akan menyita waktu, pikiran dan juga tenaga karena bisa memicu stress lanjutan.

Ikuti Senam Hamil

Ikutilah program senam khusus untuk wanita hamil. Hal ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kondisi emosional seorang wanita untuk menjadi lebih tenang.

Selain itu, program senam ini juga akan sangat berguna untuk membantu wanita hamil mempersiapkan proses persalinan yang tentunya tidak mudah.

Yoga khusus untuk wanita hamil bisa menjadi pilihan dan dilakukan dengan mudah yaitu dengan berbaring telentang dan lalu mengatur nafas agar tubuh menjadi lebih santai.

Musik dan Aromaterapi

Menggunakan terapi aroma dan musik juga bisa membantu. Musik klasik seperti halnya karya-karya Mozart, Beethoven dan lain-lain akan membantu untuk mendapatkan dampak yang lebih positif terhadap pikiran yang sedang terganggu akibat beberapa hal yang memicu stress.

Musik klasik juga memberikan efek positif lebih bagi janin. Sedangkan aroma terapi akan sangat baik untuk memberi ketenangan.

Istirahat Cukup

Beristirahatlah yang cukup. Hal ini akan membantu untuk menjaga kondisi tubuh dan juga kondisi pikiran.

Kurang tidur merupakan salah satu pemicu stress karena hormon kortisol akan meningkat pada orang yang kurang beristirahat dan menjadi penyebab mengapa seseorang yang kurang beristirahat sering emosi dan marah-marah.

Pijat Relaksasi

Lakukan pijatan relaksasi untuk membuat tubuh dan pikiran lebih santai. Tetapi perlu untuk diperhatikan bahwa hal ini haruslah dilakukan oleh mereka yang memang ahli pijat relaksasi karena jika tidak, mungkin akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bersifat Terbuka

Terbukalah terhadap berbagai masalah yang muncul. Wanita hamil bisa berbagi dengan keluarganya. Keterbukaan dalam menghadapi berbagai masalah merupakan hal yang sangat dianjurkan.

Wanita hamil seringkali akan merasa khawatir dengan kondisi dari bayi yang ia kandung. Berbagi sangat disarankan agar beban pikiran berkurang. Berdiskusilah dengan suami, keluarga dan juga dokter mengenai masalah yang ada dan mintalah saran dari mereka.

****

Stress bisa memicu keadaan yang kurang baik bagi janin yang ada di dalam kandungan, maka pemeriksaan rutin untuk memastikan kesehatan janin sangatlah diperlukan.

Setiap wanita hamil sangat dianjurkan untuk datang dan berkonsultasi dengan dokter mereka untuk memastikan bahwa janin yang mereka kadung baik-baik saja dan tidak mengalami berbagai hal yang tentunya tidak diinginkan.

Pemeriksaan rutin juga bisa membantu para wanita hamil untuk merasa lebih santai dan tidak terlalu khawatir tentang kondisi janin yang sedang dikandung.

Suka dengan artikel saya? Baca via email yuk! GRATIS..

Kategori Artikel :: Kata Kunci: , , , ,0 Komentar

Tentang AstaQauliyah.com

Telah ada 486 artikel di ASTAQAULIYAH.COM

Blog ini dikelola oleh Asta Qauliyah. Sejak tahun 2008, Asta Qauliyah aka Asri Tadda bekerja sebagai full-time blogger dan SEO konsultan sekaligus berhenti dari program pendidikan klinik di Fakultas Kedokteran Unhas Makassar yang selama ini digelutinya. Kini, Asta Qauliyah tengah mengembangkan AstaMedia Group, sebuah perusahaan internet marketing dan blog advertising yang berbasis di Makassar dengan sejumlah layanan online dan sayap bisnis di sektor ril. Anda bisa menghubungi Asta Qauliyah melalui jejaring sosial di bawah ini:

Twitter | Facebook | LinkedIn | Google Profile+ | FriendFeed