Perkembangan Blog Advertising dan Make Money Blogging

Dunia blog advertising dan make money blogging memang semakin berkembang saat ini. Berbagai jenis layanan hadir di jagad internet, menambah besarnya peluang seorang blogger menghasilkan uang dari blog yang dikelolanya. Mulai dari program Pay Per Click (PPC) lokal maupun internasional, paid review, paid links, affiliate program hingga direct advertising.

Pertumbuhan bisnis make money blogging memang terbilang sangat pesat. Hal ini kemudian melatarbelakangi munculnya kecenderungan selektifitas yang tinggi pada program blog advertising. Jika beberapa tahun lalu (2008 ke bawah) kita masih sangat jarang melihat orang bangga menjadi blogger, maka di tahun 2009 ini keadaan tersebut justru nyaris terbalik.

Angka pertumbuhan jumlah blogger pada pertengahan 2009 ini diperkirakan mencapai 7-9 kali lipat dari keadaan normalnya. Ini artinya, kompetisi antar blogger untuk memperebutkan penghasilan melalui program blog advertising menjadi cukup sengit. Advertiser dengan sendirinya memiliki kesempatan yang besar untuk bisa memilih blog-blog yang berkualitas dan relevan dengan topik bisnisnya.

Selain itu, menjamurnya blogger membuat mekanisme pasar secara otomatis menurunkan harga jualan advertising di pasaran. Jika selama sebelum 2009 kita masih dapat menjual sebuah link tahunan di blog PR 3 dengan harga di atas $50 USD, maka saat ini harga tersebut semakin menurun hingga level $20 USD. Pergeseran harga yang sangat drastis ini membuat bisnis blog advertising kini mulai mempertegas babakan baru bisnis online yang berbasis kualitas, bukan kuantitas.

Ke depan, saya memperkirakan blog-blog yang masih bisa bertahan di tengah iklim kompetisi seperti ini hanyalah blogberkualitas yang mengedepankan konten, tampilan (design) dan popularity yang mengglobal, bukan hanya page rank semata dari blog-blog hasil pengembangan domain yang expired (expired domains).

Bagaimana dengan kita?
Blogger-blogger Indonesia atau blogger lokal lainnya tidak dapat dipungkiri memiliki keterbatasan dalam hal bahasa. Padahal, salah satu hal penting untuk meningkatkan eksistensi sebuah blog adalah bahasa apa yang dipakai untuk menyajikan kontennya. Jika blog advertising mematok target global, maka secara otomatis kita butuh bahasa global, bahasa Inggris. Seberapa mampukah kita berbahasa Inggris secara komunikatif dalam postingan di dalam blog kita?

Memang beberapa diantara blogger lokal akan bertahan, meskipun secara jujur meski diakui akan sangat pas-pasan dalam berkomunikasi dengan konsumen global. Inilah kenyataannya. Kita boleh saja jago di bidang Search Engine Optimization (SEO), tetapi ini bukan jaminan kita bisa menguasai pasar. Harus ada sebuah terobosan baru untuk berbisnis blog advertising dan make money blogging. Apa itu?

Nantikan jawaban dan solusi kami pada postingan berikutnya! Jangan ke mana-mana ya..

Kategori Blog Advertising :: Kata Kunci: , , , , , , , , , , , ,6 Komentar

Tentang AstaQauliyah.com

Telah ada 481 artikel di ASTAQAULIYAH.COM

Blog ini dikelola oleh Asta Qauliyah. Sejak tahun 2008, Asta Qauliyah aka Asri Tadda bekerja sebagai full-time blogger dan SEO konsultan sekaligus berhenti dari program pendidikan klinik di Fakultas Kedokteran Unhas Makassar yang selama ini digelutinya. Kini, Asta Qauliyah tengah mengembangkan AstaMedia Group, sebuah perusahaan internet marketing dan blog advertising yang berbasis di Makassar dengan sejumlah layanan online dan sayap bisnis di sektor ril. Anda bisa menghubungi Asta Qauliyah melalui jejaring sosial di bawah ini:

Twitter | Facebook | LinkedIn | Google Profile+ | FriendFeed

Populer Bulan Ini