Air Putih Baik Bagi Kesehatan Jantung
Posted by | Published on May 23rd, 2007Ingin turunkan resiko sakit jantung? Minum saja air putih. Mungkin ungkapan tersebut terbilang sangat sederhana, tapi begitulah hasil studi yang dilakukan para peneliti dari Loma Linda University di California.
Riset tersebut mengemukakan orang yang minum minimal lima gelas air perhari lebih jarang meninggal dunia akibat serangan jantung dibandingkan yang minum air kurang dari dua gelas setiap harinya.
Sebaliknya orang yang mengkonsumsi minuman selain air putih beresiko meninggal akibat serangan jantung dibandingkan yang minum lebih sedikit.
Analisi ini didasarkan pada studi yang melibatkan 8.280 pria dan 12.017 wanita dengan kisaran usia 38 tahun. Studi selama enam tahun yang dipimpin oleh Jacqueline Chan, DrPH bersama rekannya Synnove Knutsen, MD, PhD, ini mencatat kejadian dan perkembangan penyakit jantung koroner. Dari jumlah tersebut 246 responden meninggal akibat sakit jantung.
Hasil studi yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology ini menyebutkan risiko serangan jantung pada responden yang minum lebih dari 5 gelas perhari berkurang sampai 41 persen. Sementara pada pria risiko kondisi yang mengkonsumsi minuman lain termasuk teh, kopi, jus, susu dan alkohol tetap beresiko tinggi terkena serangan jantung.
Menurut Chan air yang diminum akan diserap masuk ke dalam aliran darah, hal ini bisa menurunkan ketebalan pembuluh darah, jadi resiko terkena serangan jantung yang dipicu bekuan darah pun akan berkurang.
Sebaliknya minuman lain akan mempertebal pembuluh darah, pasalnya setelah dicerna bahan ini akan mengandung konsentrasi yang sama dengan darah.
Berbeda halnya dengan aspirin dan alkohol yang bisa menurunkan risiko serangan jantung tapi disertai problem kesehatan lain, sementara air tergolong murah, mudah diperoleh dan tak membahayakan.
Popularity: unranked [?]





















May 24th, 2007 at 6:04 am
gw minum lebih dari sepuluh gelas air putih ditambah 2 cangkir kopi (indocoffe kopimix) dalam sehari. jadi, berapa persen tingkat resiko serangan jantung gw?
[reply to this comment]
May 29th, 2007 at 11:34 am
Saya minum segelas kopi setiap malam dalam seminggu ini.
Kenapa?
Ujian.
Hiks.
Tapi emang enak sih kopi… ;p
[reply to this comment]
June 8th, 2007 at 1:06 pm
saya termasuk addict sama kopi nih, dok, blm berhasil ngurangin..:(( padahal udah tau kalo air putih itu bagus buat kesehatan…
[reply to this comment]
October 17th, 2008 at 4:52 pm
harus sering-sering minum air putih lagi nih …. makasih info nya
[reply to this comment]